Wednesday, December 17, 2008

Menyambut bulan Muharam

Bulan Muharam adalah bulan awal dari tahun qomariah atau lebih dikenal dengan tahun Hijriah(Hijrah) . Sebelum Rasulullah berhijrah dari Makkah ke Yathrib, perkiraan bulan dibuat mengikut tahun Masehi. Hijrah Rasulullah memberi kesan besar kepada Islam sama ada dari sudut dakwah Rasulullah, ukhuwwah dan syiar Islam itu sendiri.

Pada dasarnya, Muharam membawa maksud 'diharamkan' atau 'dipantang', yaitu Allah SWT melarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Namun demikian larangan ini ditamatkan setelah pembukaan Makkah (Al Baqarah: 91). Sejak pemansuhan itu, umat Islam boleh melaksanakan tugas dan ibadat harian tanpa terikat lagi dengan larangan berkenaan. salah satu keistimewaannya ada beberapa amalan-amalan yang jika kita mengerjakan di bulan ini maka akan diberi nilai lebih, bukan berarti bulan lain tidak, tapi bulan ini dimuliakan setelah Romadhon

Banyak peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi pada masa lampau pada saat bulan Muharam, untuk lebih jelasnya silahkan posting selanjutnya , nanti akan disebutkan beberapa kejadian-kejadian yang penting.

Jadi persiapkanlah.. dan sebuah pesan: banyak-banyaklah beramal di bulan Muaharam...!!!