Wednesday, December 17, 2008

Biar kita gak merugi... gimana caranya..???

"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dannasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehatisupaya menetapi kesabaran" (Al `Ashr: 1-3)

Masa atau waktu, Allah gak main-main menggunakannya untuk bersumpah.Coz waktu memang amat berharga karena jika telah berlalu tidak akanbisa kembali lagi. Semua manusia sama-sama dikasih jatah waktu 24 jamsehari. Ada yang dalam waktu 24 jam itu bisa mengatur negara, ada yangbisa ngatur perusahaan, ada yang bisa mengatur keluarga tetapi banyakpula yang dalam waktu 24 jam itu tidak bisa mengatur dirinya sendiri.Hidup ini cuma sekali maka buatlah berarti. Tentunya kita gak mau donkjadi orang yang merugi. Biar gak merugi, dalam surat Al 'Ashr di atasAllah sudah memberi petunjuk nih
  1. Beriman
    Udah tahu kan keenam rukun Iman, Iman kepada Allah, Iman kepadamalaikat Allah, Iman kepada kitab-kitab Allah, Iman kepada RasulAllah, Iman kepada Qadha dan Qodar dan Iman kepada hari akhir. Daniman itu diucapkan dalam lisan, diyakini dalam hati dan diwujudkandalam perbuatan.
  2. Mengerjakan amal saleh
    Banyak sekali amal saleh yang bisa dilakukan, mulai dari sholat,puasa, zakat, bersedekah sampai menyingkirkan batu di jalan dan masihbanyak lagi. Kita bisa menjadikan setiap detik yang kita milikimenjadi berpahala asalkan yang kita lakukan kita niatkan ikhlas karenaAllah.
  3. Saling menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menetapi kesabaran
    "Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepadakebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar;merekalah orang-orang yang beruntung." (Q.S.Al 'Imran:104)
    Itulah yang disebut dengan dakwah, menyeru berbuat kebaikan,memperbaiki diri sendiri dan mengajak orang lain melakukan perbaikan. Dakwah gak harus dilakukan dengan ceramah, tapi bisa dilakukan denganbanyak jalan, dan teladan itulah cara yang sederhana yang bisa dimulai dari diri kita.

    Semoga tulisan ini bisa menjadi salah satu usaha biar gak merugi dunia akhirat