Friday, December 26, 2008

Bulan Muharam juga istimewa

Dari Abu Bakar Ra, bahwa Nabi Saw bersabda ketika haji, beliau bersabda: ketahuilah bahwa zaman telah berputar sebagaimana mestinya, hari diciptakannya langit dan bumi, satu tahun terdiri dari dua belas bulan, diantaranya ada empat bulan suci; tiga bulan berurutan yaitu dzul qa’dah, dzul hijjah, muharram, dan satu bulan lagi adalah rajab, ia ada diantara bulan jumadi dan sya’ban (HR. Bukhori).

Bulan muharam merupakan bulan yang dikhususkan oleh Allah Swt, bulan yang diagungkan, dan disucikan. Dimana pahala amal baik pada bulan tersebut dilipatgandakan oleh Allah Swt, dan dosa kemaksiatan pada bulan itu juga lebih besar dari bulan-bulan yang lain. Hal itu yang dinyatakan oleh Ibnu Abbas ketika mengomentari firman Allah swt:

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumio, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah ketetapan agama yang lurus, makan jangalah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu". (QS. At-Taubah: 36).

Qatadah dalam mengomentari ayat maka janganlah kamu mendzolimi dirimu pada bulan itu) berkata: bahwa kezaliman pada bulan-bulan muharam, nilai kesalahannya dan dosanya lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain, meskipun pada hakikatnya kezalimana adalah bentuk kesalahan yang besar kapanpun itu dilakukan, tapi Allah Swt menjadikan suatu urusan itu besar sesuai dengan kehendaknya.

Imam Baihaqi dalam kitabnya syauabul iman, meriwayatkan dari Ka’ab, berkata: Allah memilih dari negeri-negeri yang ada, negeri yang paling dicintai Allah adalah negeri tanah haram. Dan Allah memilih waktu, waktu yang paling Allah cintai adalah bulan-bulan muharam, dari bulan-bulan muharam itu, yang paling dicintai Allah adalah bulan dzul hijjah, dari bulan dzulhijjah itu, yang paling dicintai Allah adalah sepuluh hari pertama. Dan Allah memilih hari-hari, hari yang paling dicintai Allah adalah hari jumat. Malam yang paling dicintai Allah adalah malam lailatul qadar, dan Allah memilih waktu-waktu antara malam dan siang, waktu yang paling dicintai Allah adalah waktu-waktu shalat wajib, dan Allah memilih ucapan-ucapan, dan ucapan yang paling dicintai Allah adalah Laailaha illallah, Allahu akbar, subhanallah, dan alhamdulillah.

Artinya secara umum bahwa bulan-bulan muharam yang empat tersebut adalah bulan yang disucikan dan diagungkan disisi Allah, dimana amal baik pada waktu itu dilipatgandakan pahalanya dan kejahatan pada bulan-bulan itu juga digandakan dosannya. Oleh karenanya, secara umum bisa dipahami bahwa ibadah-ibadah pada bulan-bulan tersebut mempunyai nilai yang lebih dari bulan-bulan yang lain.